Perubahan Lansekap Bisnis MICE Sebagai Respon Strategi Menghadapi Pandemi Covid-19

Yuniati, Nining (2021) Perubahan Lansekap Bisnis MICE Sebagai Respon Strategi Menghadapi Pandemi Covid-19. In: Kapita Selekta Pariwisata di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. STIPRAM PRESS, pp. 133-144. ISBN 978-623-99344-0-8

[img] Text
Chapter 11.pdf

Download (341kB)

Abstract

MICE sempat menjadi primadona kegiatan pariwisata di berbagai negara di dunia, tetapi setelah terjadinya pandemi covid-19 terjadi perubahan besar yang membuat situasi dan kondisi MICE dunia berubah drastis. Perubahan itu diantaranya tercermin dalam berbagai jenis penyelenggaraan kegiatan MICE. Dahulu MICE dimaknai sebagai kegiatan mengumpulkan orang secara massal untuk melaksanakan suatu acara dengan langsung bertatap muka antarpeserta sehingga terjadi pertukaran informasi dan pengetahuan. Kini kegiatan MICE terbagi ke dalam tiga kelompok besar yaitu virtual, hybrid, dan original. Kegiatan MICE original yang merupakan tipe konvensional memiliki peminat paling sedikit walaupun jenis kegiatan ini yang memiliki manfaat paling banyak dalam mata rantai kegiatan MICE dibandingkan jenis virtual dan hybrid. Jenis vitual dan hybrid lebih banyak peminat tetapi memiliki dampak rendah. Tulisan ini adalah sebuah diskusi berdasarkan kajian pustaka yang berhubungan dengan hal tersebut disertai dengan kasus dibeberapa negara yang telah menggiatkan lagi kegiatan MICE. Kata Kunci: MICE, Event, Virtual, Hybrid, Originial Meeting

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: LPPM STIPRAM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:47
Last Modified: 12 Feb 2022 06:47
URI: http://repository.stipram.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item