MEDIASI KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL RAMAH LINGKUNGAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Yuniati, Nining MEDIASI KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HOTEL RAMAH LINGKUNGAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. In: MANJEMEN PARIWISATA BERKUALITAS (Konsep, Objek dan Aplikasi). STIPRAM Press, pp. 41-60. ISBN 978-623-99344-1-5

[img] Text
Chapter 3 - Nining Yuniati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan tulisan ini adalah upaya mencari format model dari keterkaitan antara peran kepuasan konsumen dalam membentuk loyalitas konsumen dalam keputusannya menggunakan hotel ramah lingkungan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Mareka disebut sebagai wisatawan ramah lingkungan. Loyalitas sangat penting berkaitan dengan tipikal konsumen ramah lingkungan yang cenderung berada pada kelompok ekonomi menengah atas, kemampuan belanja di atas rata-rata, toleransi yang tinggi, aktif dan tinggal di destinasi lebih lama dibandingkan wisatawan pada umumnya. Pengujian memakai analisis Structural Equation Model (SEM). Hasilnya memperlihatkan jika Kepuasan (GCS) memengaruhi keputusan Pembelian (GP) untuk memilih hotel yang ramah lingkungan. Konsumen yang merasa puas memiliki tendensi untuk menunjukkan Loyalitas (GCL). Temuan lain adalah adanya efek langsung (sebesar 70.2%) maupun tidak langsung (44.7%). Hal ini menjelaskan bahwa kepuasan memiliki peran besar dalam memediasi loyalitas para wisatawan ramah lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kata kunci: wisatawan ramah lingkungan, hotel ramah lingkungan, kepuasan, pembelian, loyalitas.

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: LPPM STIPRAM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:14
Last Modified: 10 Aug 2022 06:05
URI: http://repository.stipram.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item