WISATAWAN DALAM KONTEKS PARIWISATA BERKUALITAS

Sugiarto, Eko (2022) WISATAWAN DALAM KONTEKS PARIWISATA BERKUALITAS. In: MANJEMEN PARIWISATA BERKUALITAS (Konsep, Objek dan Aplikasi). STIPRAM Press, pp. 21-40. ISBN 978-623-99344-1-5

[img] Text
Chapter 2 - Eko Sugiarto.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata berkualitas menjadi salah satu fokus perhatian di Indonesia akhir-akhir ini. Akan tetapi, batasan tentang pariwisata berkualitas sangat beragam karena bergantung perspektif orang yang menafsirkannya. Hal ini membuat penulis berupaya merumuskan indikator yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam pariwisata berkualitas. Tulisan ini membahas tentang wisatawan dalam konteks pariwisata berkualitas yang dikelompokkan menjadi tiga kategori, yaitu (1) wisatawan berkualitas; (2) wisatawan kurang berkualitas; dan (3) wisatawan tidak berkualitas. Seorang wisatawan berkualitas dalam konteks pariwisata berkualitas mengacu kepada wisatawan yang memiliki daya beli tinggi dan secara nyata mengeluarkan uangnya. Selain itu, wisatawan berkualitas harus memiliki sikap dan melakukan tindakan yang bernilai positif untuk masyarakat lokal, kelestarian lingkungan, serta budaya setempat selama berwisata.

Item Type: Book Section
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: LPPM STIPRAM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:01
Last Modified: 10 Aug 2022 06:04
URI: http://repository.stipram.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item