PENGARUH AKOMODASI HOTEL TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MENGIKUTI EVENT MICE (Studi Pada: The First STIPRAM Conference on Ecotourism 2018)

Nurwichju, R (2018) PENGARUH AKOMODASI HOTEL TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN MENGIKUTI EVENT MICE (Studi Pada: The First STIPRAM Conference on Ecotourism 2018). Masters thesis, Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text
ABSTRACT-BAB I.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (776kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (776kB)
[img] Text
FULLKARYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)

Abstract

MICE menjadi salah satu penarik majunya industri pariwisata di Indonesia. Bahkan MICE bisa dijadikan lokomotif sebagai pembuat efek berganda lainnya di industry pariwisata. Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pariwisata cukup serius mencanangkan wisata MICE ini, dan setiap daerah di Indonesia berlomba-lomba ingin memajukan wisata MICE. Penyelenggaraan event MICE, banya komponen pendukungnya, salah satunya adalah akomodasi hotel. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh hotel terhadap keputusan wisatawan mengikuti event MICE. Penelitian ini mengambil sampel 100 responden dari total populasi 400, menggunakan metode pengambilan sampel Slovin. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional, dimana ada dua atau lebih variabel yang akan saling mempengaruhi, yaitu variabel indipenden (X) dari hotel yang dalam hal ini ada produk (X1), pelayanan (X2), dan pelayanan (X3) yang akan mempengaruhi terhadap variabel dependen (Y) yaitu keputusan wisatawan mengikuti sebuah vent MICE. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa metode analisis data yang akan dilakukan, yaitu, Analisis Regresi Linear Sederhana, Analisis Linear Berganda, Uji F dan t, dan Uji Hipotesis. Penelitian ini didasarkan dari seminar nasional The First STIPRAM Conference on Ecotourism 2018 yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta. Dari hasil penelitian ini, Nilai signifikan pengaruh variabel X1 (Produk) terhadap keputusan wisatawan (Y) adalah sebesar 0,028 dengan koefisien regresi bertanda positif. Oleh karena nilai signifikan yang diperoleh < 0,05 dan koefisien regresi bertanda positif maka Ho tidak ditolak dan disimpulkan bahwa produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan. Nilai signifikan pengaruh variabel X2 (Pelayanan) terhadap keputusan wisatawan (Y) adalah sebesar 0,000 dengan koefisien regresi bertanda positif. Oleh karena nilai signifikan yang diperoleh < 0,05 dan koefisien regresi bertanda positif maka Ho tidak ditolak dan disimpulkan bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan. Nilai signifikan pengaruh variabel X3 (Pengelolaan) terhadap keputusan wisatawan (Y) adalah sebesar 0,001 dengan koefisien regresi bertanda positif. Oleh karena nilai signifikan yang diperoleh < 0,05 dan koefisien regresi bertanda positif maka Ho tidak ditolak dan disimpulkan bahwa pengelolaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hotel, event, MICE, keputusan, wisatawan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Depositing User: Library Admin
Date Deposited: 26 Jan 2021 03:56
Last Modified: 26 Jan 2021 04:11
URI: http://repository.stipram.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item